Siput Berwarna" Ini Jadi Hewan Peliharaan Super Nge-tren di Kalangan Anak SD

"Siput Berwarna" Ini Jadi Hewan Peliharaan Super Nge-tren di Kalangan Anak SD, Namun Sang Ahli Malah Memperingatkan "Kenyataan Mengejutkan Ini"...!

Siapa sih yang gak pernah punya hewan peliharaan? Waktu kita kecil, kita pasti pernah deh minta orangtua kita untuk membeli kucing ataupun anjing sebagai binatang peliharaan di rumah. Kali ini Cerpen pengen bagiin satu hewan peliharaan yang kini sedang nge-tren di daratan China, yaitu siput berwarna!


Menurut laporan berita setempat, siput berwarna ini dijual sekitar 15-35 RMB atau sekitar 30-70K rupiah per ekornya. Siput berwarna ini punya beberapa warna di antaranya pink, biru, kuning, dan hijau yang sangat terang yang pastinya disenangi oleh anak-anak. Anak-anak disana bahkan ada yang sampe menulis diary tentang siput peliharaan mereka ini.

Namun seorang ahli hewan mengungkapkan sebuah kenyataan yang mengejutkan tentang fenomena siput berwarna ini. Warna siput ini bukanlah warna yang alami, melainkan warna yang dihasilkan dari zat pewarna yang disuntikkan ke dalam badan siput tersebut. Menurut pakar hewan setempat, sebenarnya siput ini adalah siput yang berasal dari Afrika selatan yang bernama siput Achatina. Warna yang disuntikkan pada siput ini sendiri dipastikan tidak akan bertahan lama.

Pakar hewan ini juga menambahkan bahwa hewan yang diimpor dari Afrika Selatan ini mempunyai jumlah konsumsi makanan yang cukup tinggi sehingga bisa membahayakan beberapa tanaman di sekitarnya, terutama tanaman diirigasi. Karena hal ini jugalah, siput ini mempunyai kemungkinan lebih tinggi untuk menghasilkan cacing yang banyak di dalam tubuhnya sehingga sangat tidak disarankan untuk anak-anak memeliharanya di rumah.

Berikut adalah gambar siput Achatina yang sudah besar.


Sebenarnya siput Achatina ini berhabitat di daerah pertanian yang lembab, pepohonan serta taman yang kadar kelembabannya lumayan tinggi. Siput ini bisa berkembang biak sebanyak 5-6 kali setahun. Umur mereka pun termasuk panjang, mereka bisa hidup hingga 5-10 tahun lamanya.



Comments

Popular posts from this blog

STRUKTUR ANATOMI & FISIOLOGI BEKICOT

Anatomi Dalaman Siput / Bekicot

Pembudi dayaan siput / keong serta perawatan dan pemberian makan