STRUKTUR ANATOMI & FISIOLOGI BEKICOT

 STRUKTUR ANATOMI & FISIOLOGI BEKICOT


Image result for gambar struktur anatomi bekicot


 STRUKTUR ANATOMI

1. Kepala
Bekicot (Achantina fulica) mempunyai tubuh yang lunak, dengan kondisi seperti itu memungkinkan tubuhnya untuk berubah bentuk yang tidak tetap. Hal ini disebabkan adanya otot-otot pada tubuhnya. Sebagai konsenkuesinya, bagian tubunhya khususnya kepa-la sulitdiamati. Kepala tersebut menjadi satu dengan kaki (podos) dan perut (gaster), dan bisa diamati dengan jelas ketika Bekicot (Achantina fulica) melakukan aktivitas pergerakan. Bagian kepalanya dapat dibedakan dengan jelas. Ditunjukkan dengan bagian yang membulat dan muncul 2 pasang tentakel. Sepasang tentakel yang berukuran panjang dan sepasang lagi yang berukuran pendek. Jika diamati, ternyata kedua pasang tentakel itu bisa dipanjang pendekkan.

Menurut Hadmadi (1984) tentakel tersebut mempunyai fungsi yang berbeda, tentakel pendek difungsikan sebagai alat peraba sedangkan tentakel panjang difungsikan sebagai indra penglihatan, pada tentakel ini titik mata untuk membedakan terang dan gelap. Dan dibagian mulut ini juga terdapat mulut. Mulut tersebut terdapat dibagian bawah tengah yang terdapat lidah parut dan gigi rahang.

2. Kaki          
Kaki pada Bekicot, tidak termodifikasi menjadi bentuk khusus. Kaki-nya bercampur dengan perut (gaster). Kaki tersebut digunakan Bekicot untuk bergerak. Jika diamati. Maka kaki merupakan bagian tubuh pertama yang keluar dari cangkang ketika Bekicot melakukan pergerakan. Kaki tersebut mampu melekatkan bagiannya kesubstrat atau benda lain dengan kuat..

3. Badan
Badan Bekicot merupakan tempat dimana organ-organ penting Bekicot melakukan system oargan. Bagian kulit pertama dicirikan dengan stuktur yang bangun segibanyak. Teramati juga anus. Dan jika diamati secara anatomis, maka akan diketahui alat-alat reproduksi, system pencernaan, system respirasi, system sekresi dan eksresi da sekresi

Comments

Popular posts from this blog

Pembudi dayaan siput / keong serta perawatan dan pemberian makan

Anatomi Dalaman Siput / Bekicot